Aku masih ingat tentang sebuah kisah yang pernah aku baca pada suatu waktu tentang cerita seorang bapak-bapak yang sampai sekarang masih terngiang-ngiang dengan jelas sekali. Tidaklah keinginan tersebut keluar kecuali dari orang-orang yang dikaruniakan oleh Allah azza wa jalla rasa rindu untuk bertemu dengan-Nya kelak. Rindu akan syurga yang dijanjikan bagi orang-orang yang bertaqwa. Rasa rindu itu memang sangat sulit untuk diungkapkan. Singkat ceritanya seperti ini:

Seorang Bapak : “Dek, tahun depan saya mungkin nggak itikaf di Masjid Salman lagi.”
Panitia : “Oh, mau dimana pak?”
Seorang Bapak : “Mau di surga dek.”

*tiba-tiba hening*

Sudahkah kita mempersiapkan bekal untuk kematian kita? Mari berkemas, perjalanan menuju mati tinggal sebentar lagi.

Hmmm, kira-kira sekitar 7.862.400 detik lagi insyaaAllah waktu itu akan tiba. sudahkah kamu mempersiapkan yang terbaik untuk kedatangan waktu tersebut?

Generasi terbaik umat ini, yaitu para shahabat yang mulia selalu mempersiapkan kedatangan ramadhan jauh-jauh hari. Mereka mempersiapkan dengan sebaik-baik nya karena khawatir jika kewajiban telah datang kepada mereka namun mereka tidak siap untuk menjalankan kewajiban tersebut. Dalam sebuah riwayat

كَانُوا يَدْعُوْنَ اللهَ سِتَّةَ أَشْهُرٍ أَنْ يُبَلِّغَهُمْ شَهْرَ رَمَضَانَ ثُمَّ يَدْعُوْنَ اللهَ سِتَّةَ أَشْهُرٍ أَنْ يَتَقَبَّلَهُ مِنْهُمْ

”Mereka (para sahabat) berdo’a kepada Allah selama 6 bulan agar mereka dapat menjumpai bulan Ramadhan”

Mereka senantiasa berbenah diri, bertaubat dari dosa-dosa, mempersiapkan segala nya demi tamu agung yang tak lama lagi akan tiba. Mereka senantiasa berdoa agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan 6 bulan sebelumnya. Lantas kita? Mungkin tersadar bahwa ramadhan tinggal sebentar lagi pun sudah syukur, atau bahkan lupa, atau bahkan acuh?

Mereka juga senantiasa berdoa agar amalan-amalan mereka diterima dengan penuh rasa khawatir. Lantas kita?

Mereka pun senantiasa bersiap-siap, bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan segalanya demi meraih seluruh pahala di bulan Ramadhan untuk beramal shalih dengan ilmu tentunya.

Mari kita persiapkan dengan matang dan serius. If you fail to plan, you plan to fail. Semoga Allah memudahkan segala urusan dunia dan akhirat kita semua karena 7.862.400 detik lagi………..Ramadhan insyaaAllah akan tiba. Segera ambil Al-Qur’an mu dan mulai biasakan diri serta paksakan diri agar ketika waktu bulan ramadhan tiba. Ibadah kita bisa lebih maksimal karena keterbiasaan tersebut, insyaaAllah..

murajaah.jpg

#Ramadan 1, 1437

Sumber Inspirasi: http://saaid.net/mktarat/ramadan/22.htm

Bandung, 8 Maret 2016 9.18 PM
Melepas kerinduan ini sejenak.