Hammam bin al-Haris berdoa, “Ya Allah, cukupkanlah diriku dengan sedikit tidur dan anugerahkan kepadaku bangun malam dalam ketaatan.” (Sifatus Shafwah, 3:22)

Ibnu Aqil al-Hanbali mengisahkan perjalanannya menuntut ilmu dan fokus terhadap apa yang ia cita-citakan sehingga ia menjadi seorang ulama yang terpandang. Beliau mengatakan, “Tidak halal bagiku untuk menyia-nyiakan sesaat saja dari umurku, tatkala lisanku telah membaca dan berdiskusi, mataku lelah membaca, maka aku menggunakan pikiranku dalam keadaan beristirahat dan berbaring. Sehingga aku berdiri dalam keadaan ide-ide yang banyak dalam benakku lalu, aku tuangkan ide tersebut dalam tulisan. Aku dapati kesungguhanku dalam belajar lebih kuat saat aku berusia 80 tahun dibanding waktu aku berumur 20 tahun.” (al-Muntadzim fi Tarikhil Umam, juz: 9)

Terlalu banyak kisah kisah para ‘ulama yang bisa kita jadikan teladan. Bagaimana semangat dan fokus pada cita-cita dan tujuan mereka. #ntms

Satu per satu target-target pribadi mulai tercapai dan semoga cita-citaku kedepan bisa tercapai atas bimbingan dan karunia Allah azza wa jalla, karena hanya Dia lah yang mengetahui yang terbaik bagiku. Pada akhirnya tujuan akhir kita adalah pulang kekampung halaman yang hakiki. Kampung halaman yang kekal abadi😥 semoga Dunia yang fana ini tidak memalingkan kepada tujuan yang paling esensial dan paling utama.